Tips Agar Sehat Terus Relawan Bencana Donggala

Tips Agar Sehat Terus Relawan Bencana Donggala
Tips Agar Sehat Terus Relawan Bencana Donggala. Bertugas di daerah bencana, baik sebagai relawan atau apapun itu, pasti banyak tantangannya. Tubuh yang sehat sangat dibutuhkan agar tidak mudah tumbang karena sakit atau kelelahan.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono menyampaikan sekurangnya ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh para relawan di Palu dan sekitarnya.

“Yang pertama, tentu harus kita pahami itu adalah daerah endemis malaria. Sempatkan minum prophylaxis obat malaria meski tidak di semua daerah di sana adalah daerah endemis,” pesan dr Anung dalam rilis untuk wartawan, Jumat (5/10/2018).

Beberapa daerah di Sulawesi Tengah tercatat merupakan daerah endemis malaria. Di antaranya Donggala dan Parigi Moutong. Meski endemisitasnya selama ini rendah, perubahan ekosistem pasca bencana bisa mempengaruhi vektor alias nyamuk.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah melengkapi diri dengan alat perlindungan tubuh. Termasuk di antaranya sepatu boot, sarung tangan karet, masker, dan kacamata pelindung.

“Ini harus jadi perhatian. Itu akan menjadi entry point dari penyakit yang akan kita hadapi di sana,” pungkasnya.

Tak kalah penting, dr Anung juga berpesan untuk sangat menjaga higiene dan sanitasi. Disarankan untuk menyiapkan sendiri air bersih untuk jangka waktu sesuai kebutuhan.
“Kita menyiapkan hal-hal yang harus dikelola sendiri. Jangan meminta tolong kepada teman-teman daerah yang saat ini masih sibuk dengan evakuasi,” tegasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Ngecrek Untuk Korban Gempa Sulteng, Depok Mentargetkan 1 Miliar

Susu Untuk Anak Bagusnya Seperti Apa ?